www.AlvinAdam.com


Berita 24 Lampung

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tak Perlu Takut Makan Ikan Sardin Kalengan, KKP Jamin Bebas Kandungan Ini

Posted by On 20.26

Tak Perlu Takut Makan Ikan Sardin Kalengan, KKP Jamin Bebas Kandungan Ini

Tak Perlu Takut Makan Ikan Sardin Kalengan, KKP Jamin Bebas Kandungan Ini

Tak Perlu Takut Makan Ikan Sardin Kalengan, KKP Jamin Bebas Kandungan Ini

Tak Perlu Takut Makan Ikan Sardin Kalengan, KKP Jamin Bebas Kandungan IniGoldokter.comIkan Sardin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Tak Perlu Takut Makan Ikan Sardin Kalengan, KKP Jamin Bebas Kandungan Ini

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) membantah adanya kandungan logam berat beracun menyerupai telur pada komoditas Ikan Sardin di Indonesia. KKP menjamin produk ikan sardin kaleng yang beredar di dalam negeri aman dikonsumsi masyarakat.

Baca: Momen Memilukan Bayi Gajah Terbakar Terekam Kamera, Sed ihnya Foto Ini Menangi Lomba

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDMKP) Zulficar Mochtar menegaskan bahwa peristiwa ini bukan terjadi di Indonesia. Jenis ikan Sardin tersebut diketahui berasal dari kelompok Family Clupeidae dan jenis ikan Sardin ini tidak dijumpai di Indonesia.

"Jadi dapat dipastikan bahwa benda mirip telur atau kristal tersebut bukan diakibatkan oleh kandungan logam berat sebagaimana diberitakan," tegas Zulficar, Kamis (9/11/2017).
Menurut Zulficar benda mirip telur atau kristal di dalam perut Ikan Sardin kaleng tersebut merupakan Glugea sardinellensis (sejenis protozoa atau parasit) Sel berbentuk telur ini dapat tumbuh hingga ukuran 1-18 mm yang disebut dengan Xenoma.

Baca: Pasangan Suami Istri Beli Kawasaki Ninja 250Fi Pakai Uang Receh Rp 42 Juta

"Dapat dipastikan bahwa benda mirip telur atau kristal tersebut, bukan diakibatkan oleh cemaran logam berat," kata Zulficar.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Nilanto Perbowo meminta masyarakat tidak termakan berita bohong (hoax) yang beredar. Menurutnya, proses pengolahan semua jenis ikan untuk dikalengkan telah melalui proses pemanasan tinggi (sterilisasi) sesuai dengan standar jaminan mutu.

"Produk ikan olahan dalam kaleng yang beredar di Indonesia telah aman untuk dikonsumsi bagi kesehatan manusia karena tidak mengandung logam berat dan bahan berbahaya lainnya,รข€ ungkap Nilanto. (Tribunnews/Adiatmaputra Fajar Pratama)

Berita ini sudah tayang di Tribunnews dengan judul "KKP Jamin Ikan Sardin Kaleng Tidak Mengandung Logam"

Editor: Reny Fitri ani Sumber: Tribunnews Ikuti kami di Roro Fitria Mewek Ditolak Masuk ke Pernikahan Kahiyang, Padahal Persiapannya Habis Ratusan Juta Sumber: Tribun Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »