www.AlvinAdam.com


Berita 24 Lampung

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hari Ini, KPU Lampung Lakukan Verifikasi Empat Parpol

Posted by On 20.27

Hari Ini, KPU Lampung Lakukan Verifikasi Empat Parpol

Hari Ini, KPU Lampung Lakukan Verifikasi Empat Parpol 1
Sebanyak empat partai politik akan mengikuti verifikasi faktual yang dilakukan KPU Provinsi Lampung.

Kupastuntas.co, Bandar Lampung â€" Sebanyak empat partai politik akan mengikuti verifikasi faktual yang dilakukan KPU Provinsi Lampung. Empat partai politik itu adalah Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, dan Partai Berkarya.

Menurut Ketua KPU Lampung, Nanang Trenggono, verifikasi faktual akan dilakukan mulai 15 Desember.

“Mulai 15 Desember, kita akan lakukan verifikasi faktual untuk empat partai, yaitu Perindo, PSI, Partai Garuda dan Partai Berkarya. Dan hasil nya akan kita plenokan pada 21 Desember, ini untuk periode pertama,” terang Nanang Trenggono, Kamis (14/12/2017).

Menurutnya, sebanyak 14 parpol lolos verifikasi administrasi (vermin) sebagai peserta Pemilu 2019. 10 diantaranya adalah peserta Pemilu 2014, yaitu PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, PPP, Golkar, PKB, dan Demokrat.

Sesuai peraturan, sepuluh parpol lama ini hanya menjalani vermin dan tak perlu vertual, kecuali di daerah otonom baru (DOB) yaitu Pesisir Barat. Sedangkan empat parpol baru yang akan menjalani vertual adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Garuda, dan Berkarya.

Menurut Nanang, yang akan diverifikasi oleh KPU adalah kepengurusan partai, terutama untuk Ketua, Sekretaris, Bendahara (KSB) partai.

“Orangnya sesuai tidak dengan SK DPP masing-masing partai yang dikirimkan ke KPU RI. Sesuai tidak SK yang ada disahkan oleh Menkumham. KSB partai juga harus memiliki KTP elektronik,” jelasn ya.

Lalu, apakah parpol tersebut sudah memenuhi 30 % keterwakilan perempuan dalam kepengurusan. “Terakhir adalah domisili kantor,” ucapnya.

Dalam kegiatan verifikasi faktual, KPU juga akan bekerjasama dengan Bawaslu. “Kita sudah melapor ke Bawaslu Lampung. Jadi verifikasi faktual ini akan diawasi langsung oleh Bawaslu Lampung,” kata Nanang.

Selain empat partai itu, Nanang menyampaikan, dari sembilan parpol yang diusulkan Bawaslu RI, kemungkinan ada tiga partai yang akan kita verifikasi juga, Partai PIKA, Partai Republik, dan Partai Idaman.

“Ini kita laksanakan pada tanggal 25, 26, dan 27 Desember. Tapi ini kita masih menunggu keputusan KPU RI. Kemudian, dari periode pertama dan kedua kita akan plenokan hasilnya pada tanggal 27 Desember,” tutup Nanang. (Bong)

Related

Sumber: Goo gle News | Berita 24 Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »