www.AlvinAdam.com


Berita 24 Lampung

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Selamat! Ridho Sabet Satya Lencana Kebaktian Sosial 2017

Posted by On 14.03

Selamat! Ridho Sabet Satya Lencana Kebaktian Sosial 2017

SELAMAT!: Menko Puan Maharani menyerahkan Satya Lencana Kebaktian Sosial pada acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2017 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/12). FOTO HUMAS PEMPROV LAMPUNG FOR RADAR LAMPUNG

radarlampung.co.id â€" Daftar penghargaan yang diterima Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo semakin panjang. Teranyar, Ridho mendapat Satya Lencana Kebaktian Sosial pada acara Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2017 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/12).

Tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah sebagai penghargaan kepada warga negara Indonesia atau seseorang yang telah berjasa dalam bidang perikeman usiaan pada umumnya atau dalam suatu bidang perikemanusaiaan pada khususnya itu diserahkan oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mewakili Presiden Joko Widodo

Gubernur Ridho dinilai berhasil dalam peningkatan kesejahteraan sosial dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial di Provinsi Lampung melalui peningkatan kemampuan petugas pendamping sosial dan pemberdayaan fakir miskin. Selain itu, Ridho juga dinilai berhasil dalam penanganan masalah strategis. Orang nomor satu di Provinsi Lampung ini juga dianggap tanggap, cepat, darurat dalam melakukan perlindungan korban tindak kekerasan dan pekerja migran, pembinaan kepada anak telantar dan penyandang cacat mental, gepeng (gelandangan dan pengemis), sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Penghargaan yang diserahkan di depan 10 ribu relawan dan masyarakat itu semakin mengukuhkan program-program pembangunan bidang kemanusiaan yang telah digulirkan sejak awal pemerin tahan Gubernur Ridho.

Dalam sambutannya, Menko Puan Maharani mengatakan, tema setiap acara HKSN boleh berubah. Tetapi, cita-cita membangun Indonesia harus tetap fokus. ’’Memang tidak mudah menyejahterakan rakyat Indonesia. Tetapi saya yakin rakyat akan sejahtera kalau kita sama-sama bergotong royong, satu kata, satu suara,” katanya.

Membangun Indonesia, lanjut Puan, tidak hanya tugas pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat. ’’Kita harus bisa menjadi satu bangsa yang teguh dan ber-Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Puan.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengatakan, pada tahun ini Indonesia tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur, tetapi juga pembangunan manusia. Melalui HKSN, pembangunan manusia bisa menyentuh sisi sosial dan kemanusiaan.

’’Pemerintah juga meminta agar kita menempatkan kepentingan masyarakat dan pengabdian pada tanah air, mempererat perbedaan dan keberagaman. Meluruhkan se mua ego-ego demi bangsa Indonesia,” ujar Khofifah.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo dalam sambutannya mengatakan, HKSN merupakan momen penting karena melibatkan masyarakat banyak. Ragam kegiatannya pun terlihat seperti bakti sosial, pembagian buku, alat salat, kacamata lansia, dan pembuatan sumur. ’’Semua itu merupakan titik pengabdian pada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, anggota Komisi V DPRD Lampung Yandri Nazir mengapresiasi penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan itu memang pantas didapatkan.

Indikator utama adalah terjadinya peningkatan kesejahteraan sosial di Lampung yang cukup masif. Pemberian stimulan yang dilakukan melalui kebijakan gubernur terbukti mampu merangsang peningkatan kesejahteraan sosial. ’’Beberapa persoalan kesejahteraan sosial kan sudah ada kebijakannya,” kata dia.

Menurutnya, beberapa hal yang menjadi indikator keberhasilan adalah ekspose BPS Lampung beberapa waktu lalu yang menyatakan angka penganggu ran terbuka di Lampung mengalami penurunan. ’’Artinya, penyerapan lapangan kerja juga bagus. Kondisi ini secara tidak langsung mengurangi kesenjangan sosial yang ada,” ungkapnya.

Dia menambahkan, merujuk Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, beberapa poin penting yang dilakukan di antaranya soal kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial, dan penyimpangan perilaku.

’’Angka kemiskinan kita turun, kemudian perhatian-perhatian terhadap hal lain juga dilakukan. Tentunya, selama itu positif, legislatif juga akan mendorong semua program yang membantu soal kesra ini,” tandasnya. (rls/abd/c1/fik)

Sumber: Google News | Berita 24 Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »