www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Kasus Penyalahgunaan Narkoba Paling Banyak Menyerang Usia Produktif

Posted by On 23.47

Kasus Penyalahgunaan Narkoba Paling Banyak Menyerang Usia Produktif

Kasus Penyalahgunaan Narkoba Paling Banyak Menyerang Usia Produktif

"Ini hasil dari penelitian kami siswa PTIK selama seminggu," kata AKP Bowo Tri Handoko, siswa PTIK.

Kasus Penyalahgunaan Narkoba Paling Banyak Menyerang Usia ProduktifTribunlampung/AnungKasus Penyalahgunaan Narkoba di Lampung Paling Banyak Menyerang Usia Produktif

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Usia produktif merupakan usia paling banyak yang tersandung penyalahgunaan narkoba. Dimana hal ini berdasarkan data di Satresnarkoba Polres Lampung Utara.

"Ini hasil dari penelitian kami siswa PTIK selama sem inggu," kata AKP Bowo Tri Handoko, siswa PTIK, saat pemaparan penutupan PTIK diaula Siger Pemkab Lampura, Jumat (13/10).

Ia menyebutkan penyalahgunaan narkoba menyasar ke usia produktif, usia 20 tahun hingga 35 tahun. Usia ini seharusnya, mencari pekerjaan, hanya menganggur. Berdasarkan penelitian, mereka mencari uang dengan cepat dengan jalan menjual narkoba.

Selain itu, kasus penyalahgunaan narkoba di kabupaten Lampung Utara juga cenderung naik, dari tahun ketahun. Dirinya menyebutkan, berdasarkan data dari satnarkoba Polres Lampura, menangani 120 kasus. Ditahun 2017 ini, satnarkoba Polres Lampung Utara menangani 1.150 kasus hingga bulan bulan September 2017. "Jumlah tersebut dapat bertambah, mengingat tahun ini masih ada tiga bulan lagi," jelasnya.

Selanjutnya, hasil dari penelitian yang dilakukan oleh siswa PTIK, di kabupaten Lampung Utara lainnya, yakni upaya pencegahan belum optimal, walaupun upaya penindakan sudah dilakukan. Upaya lain, pre emtif dilakukan dengan pemberian edukasi kepada masyarakat, menggunakan narkoba makin elanggar norma hukum atau norma agama.

Kemudian dilakukan preventif dengan melakukan pencegahan dari luar kabupaten Lampung Utara. Hal ini dilakukan melalui pendekatan seluruh kepada semua pihak, mulai dari tokoh agama, masyarakat, perlu sinergitas dalam pemberatasan penyalahgunaan narkoba.

Memperhatikan penyalahgunaan narkoba belum tentu dilihat dari penyalahgunaan dari tiap tahun, akan mengancam generasi muda di Lampura.‎ Upaya pencegahan hanya bersifat sektoral.

Menanggapi hal ini, kami dari siswa PTIK memberikan saran kepada kepala daerah, agar ‎membuat pakta integritas yang dilakukan oleh seluruh satker. Kemudian ‎membentuk Badan Nasional Narkotika Kabupaten. sebagai lead sektor dalam upaya pemberantasan narkoba. Dengan bagian-bagian di BNNK sebagai upaya keterpaduan dalam mencegah penyalahgunaan narkoba.

Membuat kelurahan kota alam, Kotabumi Selatan, sebagai kawasan bebas narkoba‎. Dalam artian, terjadi penyalahgunaan narkoba ditempat tersebut, bisa dikoordinasikan dengan penegak hukum dapat dilakukan penindakan yang optimal

Halaman selanjutnya 123
Penulis: anung bayuardi Editor: Reny Fitriani Ikuti kami di Suami Hajar Istrinya yang Berduaan Tanpa Busana Bersama Selingkuhan di Ranjang Sumber: Tribun Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »