www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pentingnya Kebhinekaan Untuk Memperkokoh Kerukunan Umat ...

Posted by On 12.40

Pentingnya Kebhinekaan Untuk Memperkokoh Kerukunan Umat ...

dialog kebhinekaan memperkokoh kerukunan umat beragama sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dilaksanakan di kantor Balai Desa Kedaton, Kalianda, Rabu (27/12/2017) (Dirsah/Kupastuntas.co)

Kupastuntas.co, Lampung Selatan â€" Sejumlah masyarakat di Kota Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti dialog kebhinekaan memperkokoh kerukunan umat beragama sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dilaksanakan di kantor Balai Desa Kedaton, Rabu (27/12/2017)

Kegiatan itu dihadiri oleh Kabid Kebudayaan dan keagamaan kantor Kesbangpol Lampung Selatan Jupri, Ketua STIH Kalianda Subagio, Danramil Kalianda mayor Cz i Agus Supriyadi, Camat Kalianda Erdiansyah, Ketua Aliansi Indonesia Lampung Agus Setiawan.

Camat Kalianda Erdiyansyah menyatakan, dialog kebhinekaan memperkokoh kerukunan umat beragama sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting. Mengingat masyarakat kita saat ini mudah tersinggung, hal itulah yang dapat menggerus kerukunan dalam kita hidup bersama dan hidup berdampingan, baik secara agama, suku dan lainnya.

“Ini forum yang sangat baik. Ajakan saya, ikuti kegiatan ini dengan baik agar kita dapat bersama-sama menjaga kerukunan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Indoensia Agus Setiawan mengemukakan bila, kerukunan antar umat beragama dapat dikatakan sebagai suatu kondisi sosial, dimana semua golongan agama bisa hidup berdampingan bersama-sama tanpa mengurangi hak dasar masing-masing untuk melaksanakan kewajiban agamanya.

Menurutnya, dialog kerukunan itu dapat memperkokoh umat bergama sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bern egara yang bertujuaan untuk mempersatukan umat beragama di Indonesia, serta untuk mencapai kesejahteraan hidup dengan menciptakan kerukunan dan kenyamanan antar ummat beragama, keselarasan dan keserasian hidup antar umat beragama dengan saling memahami keyakinan dan idiologi masingâ€"masing

“Dialog kebinekaan ini merupakan salah satu program kerja yang diselenggaarakan dengan tujuan untuk membentuk suatu kerukunan antar umat beragama di Lampung Selatan, dan diharapkan ini dapat meningkatkan perdamaian, menentukan toleransi dan rasa bersatu antar umat beragama, demi keberlangsungan hidup dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia,” jelasnya.

Ditempat yang sama Danramil Kalianda Mayor Czi Agus Supriyadi menuturkan bila empat pilar kebangsaan Indonesia adalah Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang â€" Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Wawasan kebangsaan dalam memperkuat 4 pilar bangsa dari sabang sampai merauke berjajar pulau-p ulau sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia.

“Untuk mengatasi masalah dan tantangan kebangsaan, maka Negara Indonesia harus memiliki jati diri kuat yang sesuai dengan budayanya, bukan budaya asing. Setiap komponen harus memiliki kepedulian terhadap masalah kebangsaan. Pembangunan dan cita- cita bangsa sesuai alenia pembukaan UUD 1945 yaitu lindungi segenap tumpah darah, mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum,” tandasnya. (Dirsah)

Related

Sumber: Google News | Berita 24 Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »