Kirim Berita Lampung: Klik Disini | Konfirmasi Berita Lampung: Klik Disini

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Lampung Black Pepper dan Muntok White Pepper, Harta Karun ...

Posted by On 22.44

Lampung Black Pepper dan Muntok White Pepper, Harta Karun ...

Jakarta, (Tagar 25/3/2018) - Harta karun ini bernama lada, nama latinnya piper nigrum, bentuknya berupa butiran kecil, tapi bernilai sangat besar. Ada yang warnanya putih, ada pula yang hitam, ada juga hijau.
Lebih dikenal sebagai bumbu masakan, tapi sebenarnya ia juga digunakan sebagai bahan ramuan obat-obatan, wewangian dan kosmetika.
Sejak berabad-abad silam lada memiliki kedudukan penting dalam perdagangan rempah-rempah di dunia internasional, hingga ia dijuluki king of spices, rajanya rempah-rempah.
Harta karun ini ada di Indonesia, karena Indonesia adalah satu di antara enam negara produsen dan pengekspor lada utama di dunia.
Tujuh wilayah yang memiliki potensi tanaman lada di Indonesia adalah Lampung, Bangka Belitung, Bengkulu, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.
Yang paling populer adalah lada hitam dari La mpung, dunia memberinya julukan istimewa, Lampung Black Pepper. Dan lada putih dari Kepulauan Bangka Belitung, dunia menyebutnya Muntok White Pepper.
Selain Indonesia, negara penghasil lada adalah Brazil, India, Malaysia, Thailand, dan Srilangka. Semua tergabung dalam International Pepper Community. Sementara pasar utama lada adalah Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Uni Emirat Arab, Mesir, Jepang, dan Singapura.
Dalam buku 'Lada, Produksi 2 Ton per Hektar' yang ditulis Suwarto, disebutkan bahwa lada merupakan produk tertua dan terpenting dari produk rempah-rempah yang diperdagangkan di dunia. Teophratus yang hidup pada 372-287 Sebelum Masehi menyebutkan bahwa ada dua jenis lada yang telah digunakan Bangsa Mesir dan Romawi saat itu, yaitu lada hitam dan lada panjang.
Lanjutkan membacaSumber: Google News | Berita 24 Lampung

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »